in ,

Apa Sih Gejala Kanker Serviks? Bagaimana Cara Penanganannya?

kanker serviks
foto: pexels.com

Kanker serviks atau yang juga dikenal degan kanker mulut rahim adalah salah satu penyakit cancer yang sering sekali menjadi hal yang menakutkan untuk wanita. Berdasarkan survey dan data yang sudah ada, dari sekian banyaknya orang yang menderita kanker di tanah air ini, dan penderita penyakit kanker serviks sudah mencapai sepertiganya. Dan berdasarkan data dari WHO sudah tercatat, di setiap tahun ada ribuan wanita yang meninggal dunia karena disebabkan penyakit kanker serviks ini dan hal ini adalah jenis penyakit kanker yang mendudukii peringkat paling atas sebagai salah satu penyebab meninggalnya wanita di dunia.

Kanker serviks ini juga bisa menyerang pada bagian – bagian organ reproduksi pada kaum hawa, dan tepatnya pada daerah leher rahim atau daerah pintu asiknya ke bagian rahim yakni suatu bagian yang sangat sempit pada bgian bawah antara rahim dan juga kemaluan wanita.

Apa sih penyebab dari kanker serviks ?

HPV atau yang merupakan singkatan dari human papilloma virus adalah penyebab dari datangnya kanker serviks. Sementara itu penyabab dari banyaknya kematian pada wanita ialah virus HPV type 18 dan 16 ini. Virus tersebut begitu mudah menyebar dan juga berpindah. Tidak hanya bisa melalui cairan, akan tetapi juga dapat berpindah dengan melalui adanya sentuhan antar kulit. Kemudian pemakaian wc umum yang sudah terkena virus yang bernamaHPV ini, bisa menular dan menjangkit seseorang yang memakainya apabila tidak membersihkannya terlebih dahulu dengan baik.

Tidak hanya itu saja, adanya kebiasaan atau pola hidup yang kurang baik juga dapat menyebabkan terserangnya atau terjangkitnya kanker serviks lo. Seperti kebiaan kurangnya asupan vitamin terutama asupan vitamin c dan juga vitamin e, kebiasaan merokok, dan juga kurangnya asupan asam folat.

Kemudian kebiasaan buruk yang lainnya yang bisa mengakibatkan kanker serviks ialah seringnya melakukan seperti hubungan intim namun berganti – ganti pasangan. Dan melakukan kegiatan hubungan intim pada umur yang masih muda seperti melakukan hubungan intim ketika usia kurang dari 16 tahun. Bakan jika melakukan hal tersebut pada usia yang terbilang muda bisa mendatangkan resiko 2 kali lipat terserang  kanker serviks. Dan factor lainnya yang menyebabkan datangnya kanker serviks ialah adanya factor keturunan kanker, Pemakaian pil kb dalam jangka waktu yang panjang, serta terlalu sering melahirkan.

Kemudian apa saja ciri – ciri perempuan atau wanita yang sudah terserang penyakit kanker ?

Kanker serviks ini memerlukan reaksi atau proses yang begitu panjang yakni antara 10 sampai 20 tahun untuk bisa menjadi suatu penyakit kanker yang pada awalnya dari suatu infeksi maka dari itu ketika tahap awal adanya perkembangan akan sangat sulit untuk bisa di deteksi. Maka dari itu pula, sangat di anjurkan untuk kamu para wanita untuk terus melakukan sebuah test pap smear paling tidak 2 tahun sekali, manjalankan test IVA atau suatu inspeksi visual dengan asam asetat dan lain sebagainya. Walaupun begitu sulit untuk bisa didteksi, akan tetapi cirri – cirri dari kanker serviks di bawah ini dapat menjadi sebuah petunjuk untuk wanita apakah dirinya telah terserang gejala kanker serviks ataukah tidak.

  1. Ketika melakukan hubungan intim maka akan merasakan sakit, bahkan sangat sering juga diikuti dengan adanya pendarahan.
  2. Dapat mengalami keputihan yang tidak wajah dan disertai pula dengan pendarahan dalam jumlah yang bisa dikatakan banyak dan berlebihan.
  3. Sangat serung merasakan sakit di daerah pinggul
  4. Sering juga megalami rasa sakit ketika buang air kecil
  5. Ketika menstruasi datang, maka darah yang keluar juga dalam jumlah yang sangat banyak dan berlebihan
  6. Ketika perempuan mengalami penyakit kanker serviks ini pada stadium lanjut maka akan mengalami rasa sakit di bagian salah satu paha dan mengalami pembengkakan juga pada daerah tersebut, nafsu makan yang bisa menjadi begitu berkurang, berat badan yang tak stabil, kesulitan dalam melakukan buang air kecil, dan mengalami pendarahan secara spontan.

Bagaimana cara mencegah kanker serviks ?

Untuk encegah terjadinya kanker serviks ialah :

  1. Lakukanlah gaya atau pola hidup yang sehat dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergisi dan bernutrisi cukup
  2. Selalu menjaga sanitasi lingkungan serta kesehatan tubuh
  3. Harus dapat menjaga kebersihan bagian genital jangan sampai membersihkannya dengan air yang kotor.
  4. Apaila kamu seorang perokok, maka segera hentikan kebiasaan tersebut
  5. Jangan melakukan hubungan intim ketika usia muda.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote
Avatar

Written by Nonik Sriwahyuni, Amd.Keb

Lulusan kebidanan Universitas Ngudi Waluyo Ungaran, pernah bekerja menjadi bidan di RS Swasta, sekarang aktif berbagi tips kesehatan dan kecantikan

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

jus menurunkan berat badan

Sudah Coba 6 Resep Jus Ini? cocok buat yang pengen turun berat bedan secara alami

wanita diet tidak berhasil

Lupakan Saja! 7 Cara Diet Ini Gak Mungkin Akan Berhasil, Ini Alasannya