in ,

Deteksi Dini Kanker Serviks dengan Pap Smear, bagaimana dan Apa yang Harus Di Persiapkan?

Pap Smear wanita

Penyakit kanker serviks merupakan penyakit kanker yang sering menyerang wanita. Kanker serviks hidup dan berkembang pada bagian leher rahim yang sebenarnya bisa dicegah bahkan bisa dideteksi sejak dini. Pastinya, hal ini bisa meningkatkan adanya peluang kesembuhan. Seiring dengan perkembangan zaman, sekarang sudah ada sejumlah cara untuk mendeteksi penyakit kanker serviks, yaitu dengan melakukan pap smear. Apa itu Pap smear? Dan apa yang harus dipersiapkan untuk menjalankan tes tersebut?

Deteksi Pap Smear

Melakukan deteksi pap smear untuk pencegahan penyakit kanker serviks bisa dilakukan sejak dini. Sedikit pengetahuan untuk kita semua kanker serviks ini merupakan kanker yang diakibatkan oleh infeksi  virus HPV atau virus human papilloma virus yang bisa ditularkan dengan cara melakukan hubungan seksual ataupun menyentuh kulit. Sama halnya seperti jenis kanker lainnya, kanker serviks ini jika bisa diketahui saat kondisi awal, pasti bisa meningkatkan peluang kesembuhan yang tinggi. Umumnya, deteksi untuk kanker serviks bisa dilakukan dengan pap smear.

Pap smear ialah pemeriksaan kesehatan yang bisa mendeteksi ada atau tidaknya kanker serviks. Bahkan sejumlah ahli mengemukakan bawa tes pap smear ini juga dapat mendeteksi setiap tahapan kanker seviks. Deteksi pap smear ini seharusnya dilakukan dengan rutin dalam waktu 3 tahun sekali saat anda sudah menikah maupun sesudah melakukan hubungan intim. Pemeriksaan pap smear ini dilakukan guna memeriksa jaringan sel kanker serviks atau memeriksa leher rahim anda. Tapi, deteksi pap smear dilakukan saat anda tidak dalam keadaan menstruasi. Jadi, saat pemeriksaan berjalan dokter akan melakukan pengecekkan laboratorium ia akan mengambil sedikit bagian leher rahim anda. Nah, dari jaringan-jaringan tersebut, maka akan diketahui apakah sel dari leher rahim anda terdapat virus kanker serviks atau normal. Deteksi pap smear ini hanya membutuhkan waktu 20 sampai 30 menit saja.

Yang Harus Dilakukan Sebelum Tes Pap Smear

Untuk melakukan tes pap smear, anda harus mengikuti aturan-aturan berikut ini:

  1. Jangan membersihakn vagina dengan douche dua hari sebelum anda melakukan tes. Jika membersihkan vagian, maka bilas saja dengan menggunakan air hangat
  2. Jangan melakukan hubungan seksual ketika dua hari sebelum tes
  3. Hindari pemakaian obat-obatan untuk area vagina
  4. Jangan memakai kontrasepsi vagina seperti jeli, krim, busa dan sejenis lainnya

Tidak dianjurkan untuk menggunakan jeli, krim dan obat-obatan vagina sebab obat-obatan tersebut bisa masuk kedalam sampel yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil apakah terserang kanker serviks ataukah tidak.

Umumnya, sebelum melakukan tes pap smear anda diminta untuk mengosongkan isi kandung kemih. Tak hanya itu saja, anda juga harus berkonsultasi pada dokter sebelum melakukan tes jika anda sedang melakukan program KB dengan mengkonsumsi pil KB atau anda sedang dalam keadaan hamil.

Ketika hendak menjalankan tes pap smear, maka anda harus memakai pakaian yang nayaman. Pada saat menjalankan pap smear, anda tidak akan membuka semua pakaian anda hanya pakaian dari pinggang sampai kebawah saja. Maka gunakan pakaian bawah yang tidak ribet, gunakan saja rok. Meskipun anda sudah melakukan suntik vaksin HPV atau human papilloma virus, tapi anda juga harus tetap melakukan tes pap smear.

Sudah paham kan mengenai tes pap smear? Jadi, untuk anda yang ingin melakukan tes pap smear tidak buta arah lagi. Semoga bermanfaat.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote
Avatar

Written by Nonik Sriwahyuni, Amd.Keb

Lulusan kebidanan Universitas Ngudi Waluyo Ungaran, pernah bekerja menjadi bidan di RS Swasta, sekarang aktif berbagi tips kesehatan dan kecantikan

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

ilustrasi buah nanas

15 Manfaat buah Nanas Buat Asam Urat dan Menjaga Kesehatan Tubuh

ilustrasi wanita batuk

15 Obat Herbal Alami Untuk Menghilangkan Batuk Yang Gak Berhenti-Berhenti