in

Lupakan Saja! 7 Cara Diet Ini Gak Mungkin Akan Berhasil, Ini Alasannya

wanita diet tidak berhasil
foto: pexels.com

Mengambil keputusan untuk menurunkan berat badan akan memberikan konsekuensi psikologis, fisik dan emosional. Sejumlah cara untuk diet pada akhirnya dilakukan. Tapi ada kabar buruk nih, banyak sekali program menurunkan berat badan yang justru dapat merugikan kestabilan dan kesehatan mental yang menjadikan diet seperti ini tidak akan pernah berhasil.

Beberapa tahun terakhir ini, budaya untuk menurunkan berat badan dengan sangat cepat, metodenya dapat menjadikan tubuh kurang bahkan tidak sehat dan berat badan yang berkurang umumnya tak akan bertahan dalam waktu yang lama.

Dan dibawah ini ada beberapa cara atau program diet yang tidak akan berhasil.

1.      Diet Air

diet air

Di sepanjang hari, tubuh memang membutuhkan 8 gela air putih di dalam suhu 10oC atau suhu yang lebih dingin. Tubuh ini butuh memanfaatkan energy guna memanaskan air sampai dengan suhu yang sesuai terhadap tubuh.

Untuk melakukannya maka diperlukan paling sedikit 12 kalori di setiap liter airnya. Maka dari itu orang yang menjalankan program diet air ini akan membakar kalori nya dengan alami dengan memakai energy internal guna memanaskan air.

Alasan mengapa diet air ini tidak berhasil ialah cara ini sangat tidak efektif.

Mengkonsumsi air putih yang banyak disetiap hari memang bisa mendorong gaya hidup yang sehat. Diet dengan meminum banyak air putih ini pun tidak bisa diikuti oleh semua orang pasalnya banyak sekali orang yang mengalami penyakit ginjal, jantung dan hati yang mempunyai gangguan penyimpanan cairan serta ketidakseimbangan elektrolit.

2.      Diet Coklat Susu

diet coklat susu

Kalau diet coklat susu ini dilakukan dengan cara mengkonsumsi tiga gelas 1% susu coklat di setiap harinya, di sertai pula dengan pola makan dan hidup yang sehat, maka berat badan anda juga pastinya akan turun.

Vitamin D, kalsium, peningkatan sistem imun guna menjalankan olahraga yang lebih banyak, serta hubungan yang positif antara berat badan dan juga protein, hal tersebut akan membantu pemakaiannya untuk diet tanpa harus melakukan program diet lagi. Paduan karbohidrat dan protein bisa membantu metabolism tubuh untuk membakar lemak.

Yang menjadi alasan mengapa program diet ini tidak berhasil ialah kalsium berguna sebagai pendorong metabolism serta vitamin D yang akan membantu tubuh untuk membakar lemak. Hal tersebut merupakan sebuah lelucon. Tidak ada bukti yang mengatakan kalau vitamin D atau kalsium itu bisa membantu menurunkan berat badan.

Umumnya karbohidrat dan protein yang terdapat didalam makanan itu digunakan untuk mengisi tubuh sampai dengan 30 menit sesudah melakukan olahraga. Walaupun program diet seperti ini akan mendatangkan latihan olaraga yang teratur, tapi penurunanan berat badan dengan memakai cara seperti ini tidak akan ada kaitannya dengan cokelat susu.

3.      Diet dengan Rendah Karbohidrat

diet karbo

Pada umumnya tubuh akan mulai kurang makan karbohidrat seperti halnya mengkonsumsi sayuran dan buah – buahan yang memiliki kandungan zat tepung setelah itu menukarnya dengan makanan yang kaya akan protein.

Tubuh akan memecah karbohidrat untuk dipergunakan sebagai sumber bahan bakar yang utama dengan menciptakan glukosa yang masuk ke sel sel tubuh dengan insulin.

Secara teori insulin bisa mencegah pemecahan lemak di dalam tubuh dengan cara gula yang dipakai untuk membakar energy. Penurunan karbohidrat berdampak terhadap rendahnya jumlah insulin, membakar lemak yang tersimpan untuk cadangan suatu energy, dan pada akhirnya bisa membantu menurunkan berat badan.

Yang menjadi alasan cara diet ini tidak berhasil ialah ada yang beranggapan bahwa 1 pon daging akan jauh lebih baik dibandingkan dengan 1 pon roti. Dan asupan karbohidrat harus di selaraskan dengan keperluan. Untuk ibu hamil, penderita diabetes dan remaja anda harus berhati – hati dengan program diet ini.

Dengan memantau jumlah karbohidrat sangat peting sebab hal tersebut adalah sumber utama energy untuk tubuh. jumlahnya benar – benar harus di ukur oleh tenaga ahli atau professional gizi agar lebih memastikan penurunan bobot tubuh yang sehat.

Nah, ada banyak sekali kesalah pahaman dengan cara diet ini.

4.      Diet Mengunyah

ilustrasi diet mengunyah

Nah ini dia diet yang gagal selanjutnya ialah diet mengunyah. Diet ini menyarankan supaya mengunyah makanan dengan menyeluruh yakni mengunyah setiap kali gigitan sebanyak 80 kali, yang nantinya akan menghacurkan makanan. Dan secara teori tubuh akan menyerap lebih sedikit kalori.

Dan alasan diet ini tidak akan berhasil ialah ini dapat dikatakan sebagai bulimia yang merupakan gangguan psikologis dan juga bentuk dari kebiasaan makan yang tak teratur.

Umumnya makanan yang dikunyai dalam waktu lama akan mengakibatkan rasa tidak ingin menelan makanan. Mengunyah sebanyak 80 kali itu juga pasti sangat melelahkan mulut. Dan pada akhirnya cara diet ini malah akan menyebabkan tidak seimbangnya nutrisi sebab tubuh tidak melakukan penyerapan makanan yang diperlukan.

Tubuh kita juga akan menghasilkan asam lambung yang berlebihan guna mengantisipasi pencernaan yang tak pernah dijalankan, sehingga mengakibatkan asam lambung yang naik ke pada kerongkongan serta merusak gigi sebab menyimpan makanan yang terlalu lama dalam mulut.

5.      Diet dengan Makanan Bayi

diet dengan makanan bayo

Idenya ini sangatlah sederhana, ganti satu atau dua makanan saja dalam sehari degan 12 botol sejumlah makanan bayi dan pertahankan saja 1X makanan yang biasanya untuk sehari – hari atau beberapa jajanan dengan kalori tinggi

Perhatikan saja kualitas makanan bayi yang akan di pilih. Teori yang mengungkapkan bahwa pada bagian otak yang mengatur rahang akan bekerja dengan mencegah makanan yang terlalu banyak sehingga kita semua tidak akan puas makan dalam porsi yang sangat kecil.

Dan yang menjadi alasan diet ini tidak berhasil ialah makanan bayi itu tidak di buat untuk orang yang udah besar atau dewasa, sehingga tubuh anda malah akan kehilangan nutrisi yang penting. Dan pada akhirnya dapat menyebabkan gangguan pada kepadatan tulang. Walaupun tidak akan berbahaya namun cara ini tidak di anjurkan untuk dilakukan.  Walaupun berat badannya mungkin dapat menurun, akan tetapi hal ini tidak akan bertahan dengan lama terkecuali memakan makanan bayi yang sampai pada akhrinya hayatnya yang bisa mengakibatkan masalah.

6.      Diet Detoks

ilustrasi diet detox

Diet detoks ini dilakukan dengan tujuan untuk menghancurkan semua racun dalam tubuh dan mendorong kerja sistem metabolism. Ketika sistem metabolism tubuh anda lancar maka tubuh anda akan sangat mudah membakar lemak dan kalori sehingga tidak akan menimbunnya.

Akan tetapi jenis diet detoks ini di pandang tidak akan berhasil dilakukan oleh para pria. Anda tidak dapat hidup dengan cara mengkonsumsi air perasan jeruk lemon di setiap harinya. tubuh anda akan tetap membutuhkan pasukan mineral, vitamin dan juga beberapa nutrisi lainnya untuk hidup sehat.dan diet detoks ini pun tidak akan mempu memenuhi semua itu.

7.      Diet Rendah Kalori

Diet Rendah Kalori

Jika anda menginginkan untuk menurunkan berat badan, anda harus bisa menurunkan asupan kalori yang akan masuk ke dalam tubuh. dan diet rendah kalori ini akan mampu melakukan hal itu. Ketika pria maupun wanita melakukan diet yang rendah kalori, hal itu tidak akan berhasil di tubuh. mereka hanya akan mudah merasa lelah, tidak bertenaga dan sakit kepala. Dan hal seperti ini akan berujung mendatangkan rasa lapar.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote
Avatar

Written by Nonik Sriwahyuni, Amd.Keb

Lulusan kebidanan Universitas Ngudi Waluyo Ungaran, pernah bekerja menjadi bidan di RS Swasta, sekarang aktif berbagi tips kesehatan dan kecantikan

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

kanker serviks

Apa Sih Gejala Kanker Serviks? Bagaimana Cara Penanganannya?

Waduh! Lagi Hamil Boleh Gak ya Berhubungan Seksual Dengan Pasangan?